PEMBINAAN PENYULUH AGAMA HINDU OLEH KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KLUNGKUNG

Serangkaian dengan peningkatan kualitas kerja penyuluh agama Hindu dilingkungan kementerian agama kabupaten klungkung, maka pada hari selasa tanggal 11 januari 2011 Dra. Ni Nengah Rustini, M.Ag sebagai kepala kantor kementerian agama kabupaten klungkung memberikan pembinaan terkait dengan peningkatan kwalitas pelaksanaan tugas-tugas penyuluh agama Hindu serta peningkatan pelayanan terhadap umat hindu serta dapat memotivasi para penyuluh dalam memberikan pembinaan kepada umat sesuai dengan tugas dan fungsi pokok penyuluh yaitu melaksanakan penyuluhan dalam rangka pembinaan mental, moral dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa membentuk budhi pekerti yang luhur sebagai landasan hidup beragama.

Pada kementerian agama kabupaten klungkung memiliki penyuluh agama Hindu sebanyak Tujuh orang yang dibagi Dalam empat wilayah kecamatan yaitu kecamatan Klungkung yaitu Ida Bagus Aang Wiracana S.Ag dan Dra. Ni Nyoman Yuniari. Kecamatan Dawan yaitu I Dewa Gede Alit Indra Bangsawan, S.Ag. Kecamatan Banjarangkan yaitu Drs. I Wayan Ratnata dan kecamatan Nusa Penida yaitu Dra. Ni Luh Kompyang Purnaningsih Dan Wayan Suwirta S.Ag

Dra. Ni Nengah Rustini, M.Ag yang didampingi kasubag tata usaha menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan penyuluhan, para penyuluh diharapkan lebih berperan aktif dalam memberikan penyuluhan diwilayah kerja masing-masing sehingga masyarakat lebih memahami serta mengamalkan ajaran agama khususnya agama Hindu. Dengan memahami ajaran agama serta mampu mengamalkannya masyarakat diharapkan mampu meningkatkan kehidupan beragama yang berkwalitas. Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan strategi yang baik dalam menyampaikan materi penyuluhan yaitu, mampu memilih metode, memilih materi dan persiapan yang baik. Penyuluh juga diharapkan mampu memberikan contoh dalam kehidupan bermasyarakat seperti membina kerukunan umat beragama dan mampu mewujudkan kerukunan interen  umat beragama, antar umat beragama dan pemerintah.

Pada kesempatan tersebut disampaikan juga  masalah pendataan umat, lembaga umat, pendataan pemangku sarati banten dan orang suci serta organisasi sosial kemasyarakatan yang memiliki tujuan untuk mengetahui jumlah rohaniawan hindu yang memiliki peran yang sangat utama dalam melaksanakan ajaran adat dan agama, sarati merupakan orang yang sangat memegang peranan penting dalam yadnya, pendataan kelembagaan umat seperti sekehe santi, Sekehe gong yang merupakan suatu organisasi yang keanggotaannya bersifat sosial dimana melalui sekehe tersebut dapat meningkatkan srada dan bhakti umat. Dengan terdatanya seluruh komponen umat Hindu para penyuluh diharapkan mampu memberikan pembinaan secara merata dan menyeluruh kepada elemen umat hindu dikabupaten klungkung.

Dalam pembinaan tersebut dapat disimpulakan adalah penyuluh agama Hindu diharapkan memiliki kompetensi yang handal sehingga dalam melaksanakan tugas dapat dilakukan sebagaimana harapan bangsa terutama dalam mendukung tercapainya pembangunan dibidang agama.

This entry was posted in klungkung and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s