Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan Agama Hindu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali

Mengawali Tahun Anggaran 2011, Kepala Bidang Pendidikan Agama Hindu  Provinsi Bali Drs I Gusti Komang Sumberjana, MM, melaksanakan Rapat Koordinasi dengan pelaku-pelaku Pendidikan Agama Hindu. Rapat yang dilaksanakan di Aula Kanwil Kementerian Agama Prov. Bali dihadiri para Kasi Pendidikan Agama Ka./Kota Se-Bali, POKJAWAS (Kelompok Kerja Pengawas), MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Tk. SMP, SMA/K dan KKG (Kelompok Kerja Guru) Kab./Kota Sebali.

Rapat ini bertujuan untuk kelancaran pelaksanaan tugas-tugas, fungsi serta anggaran yang telah teralokasi dalam  DIPA  TA 2011, DIPA TA 2011 yang telah dibagikan tanggal 6 Januari 2011 oleh bagian Perencanaan, Keuangan dan IKN, disampaikan secara transparansi di hadapan mitra Kementerian Agama Prov. Bali. Adapun Program Pendidkan Agama Hindu TA 2011 terkelompok pada kegiatan-kegiatan; Pembinaan Pendidikan/ lembaga, penyelenggaraan pemilihan/ Lomba, Pameran, Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan, Koordinasi dan Monitoring serta Bantuan Block Grant. senilai 3.509.489.000,- (Tiga Milyard Lima ratus sembilan juta empat ratus delapan puluh sembilan ribu rupiah).

Dalam Kesempatan ini, Ka.Kanwil Kementerian Agama Prov. Bali Drs. IGAK Suthayasa. M.Si menaruh harapan besar kepada peserta rapat koordinasi, mengingat Pendidikan Agama merupakan penanaman moral dan mental dalam menghadapai iptek dan globalisasi, sehingga pendidikan  agama diibaratkan imunisasi bagi siswa didik.  Untuk itu beliau juga mengajak untuk senantiasa bersinergi meningkatkan kualitas pendidikan melalui kerjasama dan komitmen.

Hal ini dapat dimulai dengan validasi data pendidikan baik siswa, guru, pengawas, sehingga rekrutmen pengawas dan guru  formasinya dapat dipersiapkan dengan akurat.  Lebih lanjut Ka.Kanwil Kemenag Prov. Bali dalam pelaksanaan kegiatan hendaknya jangan mengabaikan jadwal kegiatan agar kegiatan dapat berjalan terarah serta dapat diselesaikan dalam waktu yang telah direncanakan,  dengan tertib administrasi, Tertib pelaksanaan dan Tertib Pelaporan, sehingga akan dapat dievaluasi dengan baik,  baik hasil, hambatan serta solusinya.

Lebih jauh lagi beliau berkelakar agar jangan lembaga-lembaga yang telah difasilitasi ibaratkan ”Antara Ada dan Tiada” ada wadah namun tidak ada kegitan bahkan tidak dapat dipertanggungjawabkan.  Sesuai komitmen hendaknya dapat berfungsi dengan baik serta dapat memberikan Kontribusi dalam pembangunan.

Rapat koordinasi Program Pendidikan Hindu 2011 dilanjutkan Kepala Bidang Pendidikan Agama Hindu beserta 4 kasi lainnya. Drs I Gusti Komang Sumberjana, MM dalam kesempatan tersebut menambahkan apa yang menjadi moto Kementerian Agama yakni, ”Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Kerja Ikhlas”  memotipasi para Pengawas dan  dan guru, sementara para kasi lainnya membahas permasalahan yang ada serta penyamaan persepsi dari berbagai permasalah yang ada.

Dari rapat koordinasikan tersebut beberapa masalah yang menjadi usulan  yakni; A. Perencanaan meliputi: 1)Perlengkapan Administrasi (Kurukulum, Analisa standarisai kompetensi & Kompetensi Dasar, Program Pembelajaran, Silabus, Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP), Perangkat Evaluasi dan Kreteria ketuntasan Minimal; 2) mempersiapkan sarana dan prassarana dalam arti sempit.  B. Proses Pembelajaran meliputi: 1) metode pembelajaran, model pembelajaran, strategi pembelajaran,  2) alat peraga; 3) buku materi 4) pembahasan masalah-masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran.  C. Evaluasi meliputi manfaat perangkat Evaluasi penggunaan variasi model-model evaluasi.

Sedangkan Program Kerja yang diusulkan A.Program Jangka Pendek; Melaksanakan kegiatan KKG/ MGMP/ POKJAWAS  secara berkala, Melaksanakan Work shop, seminar tentang metodelogi dan model pembelajaran berkala serta penyusunan evaluasi yang memadai.   Semwentara yang menjadi Program Jangka Menengah; Mengadakan kegiatan orientasi tentang paradigma pendidikan khususnya dalam pendidikan agama, Mengadakan kegiatan Tirta Yatra, menyusun Materi Ajar sesuai standar BNSP dan Mengadakan Evaluasi terhadap kurikulum yang sedang berlaku.

This entry was posted in Penda Hindu and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s