Pembinaan Mental Napi Oleh Urusan Agama Hindu Jembrana

Pembinaan di rumah tahanan sesungguhnya bukan program baru yang dilaksanakan oleh Seksi Urusan Agama Hindu Kemeterian Agama Kabupaten Jembrana. Pelaksanaan pembinaan di rumah tahanan setidaknya bisa meningkatkan mental para napi agar nantinya setelah kembali ke masyarakat mereka tidak akan mengulang lagi perbuatan-perbuatan melanggar hukum, dan bisa bergaul di masyarakat sehingga warga masyarakatpun bisa menerima kembali mantan napi. Di sisi lain, pembinaan napi bisa memberikan pencerahan dan kemanantapan bhatin para napi agar bisa menjalankan hidup di rumah tahanan dengan tegar.

Di awal tahun 2011, Seksi Urusan Agama Hindu telah melaksanakan pembinaan mental pada hari Selasa, tanggal 11 Januari 2011, bertempat di aula rumah tahanan Negara. Narasumber pembinaan mental langsung diberikan I Gusti Komang Budi Santika, S.Ag (Kepala Seksi Ura) dan I Gusti Putu Arsa Suwindana, S.Ag (Penyuluh Agama Hindu) serta di dampingi oleh staf publikasi kegiatan Urusan Agama Hindu.

Antusias para napi sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan pembinaan sampai akhir. Kedatangan  pembina dari Kementerian Agama disambut dengan hangat karena mereka membutuhkan orang-orang yang peduli dan perhatian. Para napi banyak yang sharing terkait dengan masalah agama dan masalah yang mereka hadapi guna membantu membangun mental yang lebih baik ke depan.

Selanjutnya, pembinaan para napi akan diberikan secara kontinyu sekali sebulan pada hari tilem. Kegiatan rencananya diawali dengan persembahyangan bersama para napi dan dilanjutkan dengan pembinaan yang diisi langsung oleh penyuluh agama Hindu dan Kasi Urusan Agama Hindu.

This entry was posted in Ura Hindu and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s