Kementerian Agama Ikut Serta Dalam One Billion Indonesian Trees for the World

Berdasarkan surat Menteri Koordinasi Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia nomor: B-182/MENKO/KESRA/IX/2010 tanggal 17 September 2010 perihal Penanaman Satu Milyar Pohon untuk Dunia (One Billion Indonesian Trees for the World)/OBIT, bahwa Indonesia melaksanakan Kegiatan Penanaman Satu Milyar Pohon untuk Dunia yang dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 2010 s.d 31 Januari 2011. Kegiatan dimaksud pada hakekatnya merupakan kegiatan penanaman secara nasional yang dilaksanakan oleh sektor kehutanan dan sector di luar kehutanan serta gerakan moral masyarakt.

Menanggapi surat tersebut, maka Kementerian Agama Republik Indonesia dari lingkungan pusat hingga daerah diharapkan ikut menyukseskan kegiatan tersebut. Wujud nyata yang dilakukan oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali yaitu sudah dilaksanakan dari kegiatan JAMPELA (Jambore Pelajar Lintas Agama) bulan Juli 2010 lalu dimana Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, Kabid dan Pembimas serta seluruh pelajar peserta Jampela melakukan kegiatan penanaman Pohon Bakau didaerah Serangan, Denpasar.

Tidak berhenti sampai disitu saja kegiatan lain untuk menyukseskan Kegiatan Penanaman Satu Milyar Pohon Untuk Dunia ini juga dalam rangkaian menyambut HAB ke 65 tahun 2011 pada bulan Desember 2010 lalu dengan melakukan kegiatan lomba kebersihan lingkungan kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-Bali dimana Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali sangat menekankan terhadap penghijauan dilingkungan unit kerja masing-masing. Oleh karena itu, pada lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali pun ikut mengalami perubahan dengan penghijauan dilingkungan Kantor juga di setiap unit kerja masing-masing. Sehingga nuansa seimbang antara manusia dengan lingkungan dapat terjalin.

Masih dalam rangkaian menyambut HAB ke 65 tahun 2011, seluruh pegawai Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali dan Kota Denpasar pada tanggal 30 Desember 2010 melakukan kegiatan penanaman 90 tunas pohon kelapa yang ditanam di lingkungan Pura Dalem Serangan Denpasar. Kementerian Agama Provinsi Bali sangat mendukung kegiatan Penanaman Satu Milyar Pohon Untuk Dunia demi menjaga keseimbangan hidup antara manusia dan lingkungan dimana lingkungan merupakan warisan yang akan diberikan dan dinikmati oleh generasi penerus kita. Sehingga perlu lah sejak dini kita lakukan pelestarian terhadap lingkungan hidup agar dapat kita menjalani hidup selaras dan seimbang dengan lingkungan.

This entry was posted in Berita and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s